SELAMAT DATANG DI PKS CIANJUR ZONDA DUA # TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA # FOLLOW KAMI DI TWITTER @pks_cianjur

Jumat, 27 Mei 2011

Bangun Transportasi Terpadu, Jabar Ajukan Rp19 T


Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengajukan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur transportasi pada Sidang Kabinet Terbatas tentang Transportasi di Istana Presiden Jakarta, Kamis (26/5/2011).

Di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah menteri terkait, Heryawan mengajukan anggaran sebesar Rp19,46 triliun untuk membangun sejumlah infrastruktur transportasi di Jawa Barat hingga tahun 2014.

Heryawan mengatakan, program pembangunan berjudul sistem transportasi Metropolitan Cekungan Bandung atau MCB diarahkan menjadi metropolitan modern. Alokasi sebesar itu akan digunakan untuk membangun jalan tol, penataan angkutan massal, pengembangan bandara, membangun jalan lingkar, dan optimalisasi jaringan jalan.

"Jawa Barat memiliki penduduk terbesar dan luas kawasannya membutuhkan infrastruktur transportasi memadai. Sarana infrastruktur itu penting guna menghubungkan seluruh kawasan di Jawa Barat agar akses kegiatan pembangunan dan perekonomian dapat berjalan dengan lancar dan aman," kata Heryawan dalam siaran pers yang diterima INILAH.COM, Jumat (27/5/2011).

Menurut Heryawan, Jawa Barat merupakan kawasan penyangga ibu kota negara sehingga harus mampu menopang akselerasi pembangunan sekitarnya. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat mengajukan proyek pembangunan yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang. Konsep yang diajukan berupa Sistem Transportasi Metropolitan Cekungan Bandung atau MCB.

"Konsep MCB akan diarahkan agar pergerakan penumpang dan barang menjadi efisien. Dengan demikian tingkat konsumsi energi lebih efisien. Tentunya MCB akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat menjadi lebih tinggi," jelasnya.

Heryawan berharap, setelah MCB terealisasi tingkat mobilitas masyarakat menjadi lebih baik. MCB juga akan menekan tingkat emisi agar lebih rendah guna menghadirkan lingkungan yang bersih.

"MCB merupakan sistem transportasi terpadu yang berada di kawasan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang. Kelima wilayah itu memiliki jumlah penduduk 5,7 juta jiwa pada tahun 2010 dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) senilai Rp45,8 triliun pada tahun 2009," tuturnya. [gin]

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More